Home » , , , , » Setiap orang memiliki kisah hidup

Setiap orang memiliki kisah hidup

“Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dia lah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhannya).” (QS. Shaad: 44)

Setiap orang memiliki kisah hidup yang berliku senang susah , berlimpah kekurangan , dan sebagainya pun demikian Juga demikian dengan Nabi Ayyub ‘alaihissalam yang punya kisah hidup dengan cobaan yang luar biasa. 

Sebelum ditimpa musibah, Nabi Ayyub mempunyai banyak hal, mulai dari isteri yang cantik, anak yang banyak, harta berlimpah, dan tubuh yang kuat. Namun kemudian hamba yang mulia itu kehilangan segalanya, termasuk seluruh tubuhnya yang digerogoti penyakit kulit yang sangat parah hingga berbau tak sedap. 

Satu hal yang tetap ada sama beliau adalah kesetiaan hatinya mengingat Allah. Dalam suatu riwayat disebutkan, beliau berdoa agar jangan diambil hatinya agar selalu mampu mengingat Allah. Pantas Nabi Ayyub disebut sebagai lambang kesabaran.

Belajar dari kisah Nabi Ayyub, kita bisa menyimak kisah hidup diri sendiri hingga hari ini. Sungguh bukan mustahil untuk diungkapkan bahwa meskipun telah menikmati kebahagiaan dalam waktu panjang, sebahagian kita kerap berubah menjadi putus asa hanya gara-gara kehilangan sebahagian harta benda, meskipun masih memiliki isteri yang setia, anak-anak yang taat, dan tubuh yang sehat. 

Ada juga yang tak lagi mau melaksanakan ibadah gara-gara menyangka bahwa Allah tidak membantu saat dirinya dalam kesusahan. Ada juga yang rajin ibadah, namun ketika berhadapan dengan tawaran harta meskipun statusnya haram, langsung berubah pikiran sehingga tak mampu mengucapkan “haram” dan yang terucap samar-samar “halam” (halal campur haram).

Dari rentangan waktu hidup yang sudah dialami, masing-masing orang bisa menggunakan sebuah lambang yang cocok bagi kisah hidup diri sendiri. Tidak tertutup kemungkinan, sebahagian orang menemukan dirinya sendiri sebagai lambang kemunafikan, lambang kejahatan, dan sebagainya, meskipun sebahagian (kecil) orang termasuk hamba yang istiqamah dalam ketaatannya.

Bagi kita yang memiliki kisah hidup bermasalah, masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Sebelum terlambat, awal tahun ini menjadi kesempatan baik untuk memulai memperbaikinya. Insya Allah bisa, apalagi memohon bantuan Allah lewat doa. 

Sumber aceh tribun news


Share this article :

No comments:

Post a Comment

PD

Popular Post

Followers

 
Support : Copyright © 2011. Duniaku Bukan Duniamu - All Rights Reserved
Template Modify and Proudly powered by Free Blog