Home » , , , » Berapa Banyak Air Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari ?

Berapa Banyak Air Yang Dibutuhkan Tubuh Setiap Hari ?

Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Minum Setiap Hari ? Ini adalah pertanyaan sederhana namun memiliki jawaban yang tidak mudah. Beberapa penelitian memberikan rekomendasi yang berbeda selama bertahun-tahun. Namun sejatinya, air yang Anda butuhkan tergantung pada banyak faktor, termasuk kesehatan Anda, seberapa aktif Anda dan di mana Anda tinggal. Kendati tidak ada satu formula yang sesuai untuk setiap orang, namun mengetahui kebutuhan akan cairan di tubuh Anda akan membantu untuk mengestimasikan berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari.

Manfaat air bagi kesehatan

Air adalah komponen dasar dari tubuh Anda yang menguasai sekitar 60% dari total bobot tubuh Anda. Semua sistem di dalam tubuh tergantung pada air. Misalnya, air akan menyemburkan toksin keluar dari dari organ vital, membawa nutrisi ke dalam sel dan membasahi otot-otot di sekitar telinga, hidung dan tenggorokan. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi, sebuah kondisi yang terjadi saat tubuh Anda kekurangan cairan dan tidak bisa berfungsi normal. Bahkan dehidrasi ringan dapat menyedot energi dan membuat Anda lelah.

Cara mudah menghitung kebutuhan tubuh Anda

Setiap hari Anda kehilangan air lewat napas, keringat, urin dan pergerakan isi perut. Agar tubuh Anda bisa berfungsi normal, Anda harus mengisi ulang suplai air dengan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung air. Jadi berapa rata-rata air yang dibutuhkan? Secara general, dokter merekomendasikan sekitar 8 atau 9 gelas air. Berikut cara termudah menghitung jumlah tersebut:

Replacement approach: Jumlah rata-rata urin yang keluar dari tubuh orang dewasa adalah 1.5 liter (6.3 gelas) sehari. Anda kehilangan satu liter lagi lewat napas, keringat dan pergerakan isi perut. Makanan biasanya mengandung 20% dari seluruh asupan cairan. Jadi untuk mengganti cairan yang hilang ini, Anda perlu mengonsumsi 2 liter air atau minuman lain dalam sehari.

The Institute of Medicine menyarankan pria untuk mengonsumsi 3 liter (sekitar 13 gelas) dari total minuman sehari dan wanita menkonsumsi 2.2 liter (sekitar 9 gelas) sehari.


Share this article :

No comments:

Post a Comment

PD

Popular Post

Followers

 
Support : Copyright © 2011. Duniaku Bukan Duniamu - All Rights Reserved
Template Modify and Proudly powered by Free Blog