Ramadhan Telah Berlalu

Sudahlah berlalu pergi beberapa hari lamanya bulan suci Ramadhan dan kini berganti bulan syawal yang berarti pada bulan ini semestinya umat islam merayakan hari kemenangan. 

Beruntunglah bagi orang-orang yang menyempatkan diri menikmatinya dengan beribadah sebanyak-banyaknya dengan penuh keikhlasan pada bulan ramadhan kemarin yang mana pastinya Allah Subhanahu Wata'ala akan menepati janjinya, yakni memberikan ampunan dosa dan meraih derajat taqwa kepada hamba-hambaNya yang ikhlas beribadah selama bulan penuh rahmat itu. 

Di antara tanda penting orang yang berhasil meraih derajat taqwa tersebut ialah memiliki sifat istiqamah atau menetapi jalan yang diridhai Allah meskipun telah bukan lagi berada di bulan Ramadhan.

Banyak macam istiqamah telah dikemukakan oleh para ulama. Antara lain istiqamah dalam menuruti perintah dan tidak melakukan larangan Allah subhanahu wata'ala dan Inilah yang sering membuat banyak orang tak konsisten dalam melaksanakannya. 

Sebagian orang hanya mampu bertahan di kala senang, tetapi labil di kala diuji dengan kesusahan. Di samping itu, ada istiqamah dalam bersyukur atas segala nikmat, serta istiqamah dalam bersabar dalam meraih surga Allah subhanahu wata'ala.

Menetapi jalan Allah, bagi sebagian orang yang telah terbiasa tergelincir dari jalanNya, bukanlah hal yang mudah. Apalagi bila mencari nafkah, misalnya, masih belum dipindahkan dari jalan yang berlumur dosa. 

Perlu tekad yang kuat untuk bertahan dalam kebaikan dan tak lagi berpaling ke jalan orang-orang lalai, sebagaimana tekad menahan diri karena Allah terutama selama latihan dalam hari-hari dalam bulan Ramadhan. 

Lebih susah lagi apabila selama bulan Ramadhan tidak menambah pengetahuan yang memadai tentang perintah dan larangan Allah, bersyukur, dan lain-lain.

Semoga kita semua diberikan kesabarlah dan kemantapan serta menetapi iman dan islam hingga azal menjemput.

sumber : aceh tribun news


Share this article :

No comments:

Post a Comment

PD

Popular Post

Followers

 
Support : Copyright © 2011. Duniaku Bukan Duniamu - All Rights Reserved
Template Modify and Proudly powered by Free Blog