Home » , , » Planet Bumi

Planet Bumi

Planet Bumi atau Bumi adalah planet ketiga dari Matahari, bumi adalah planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya bumi juga yang terbesar dari empat Tata Surya planet terestrial yang terkadang disebut sebagai dunia, Planet Biru, atau dengan nama Latin, Terra.

Menurut para ahli Bumi terbentuk sekitar 4540000000 tahun yang lalu oleh akresi dari nebula surya, dan kehidupan yang ada saat ini baru muncul di permukaannya dalam satu miliar tahun. Planet merupakan rumah bagi jutaan spesies, termasuk manusia. Biosfer bumi secara signifikan telah mengubah suasana dan kondisi abiotik lainnya di planet ini, memungkinkan perkembangan organisme aerobik serta pembentukan lapisan ozon yang bersama-sama dengan medan magnet bumi yang kemudian memblok / menghalangi radiasi matahari yang berbahaya sehingga memungkinkan kehidupan di dalamnya. Sifat fisik bumi, serta sejarah geologi dan orbitnya, telah memungkinkan bagi kita untuk bertahan hidup. Planet ini diperkirakan akan terus berlanjut dan mendukung kehidupan selama 500000000-2300000000 tahun.

Kerak bumi dibagi menjadi beberapa segmen kaku atau lempeng tektonik, yang bermigrasi di seluruh permukaan dalam jangka waktu jutaan tahun. Sekitar 71% dari permukaan ditutupi oleh lautan air garam, dengan sisanya terdiri dari benua dan pulau-pulau yang bersama-sama memiliki banyak danau dan sumber air yang berkontribusi terhadap hydrosphere. Kutub bumi sebagian besar tertutup es padat (es Antartika lembar) atau laut es (es Arktik topi). Interior planet tetap aktif, dengan lapisan tebal mantel yang relatif padat, inti luar cair yang menghasilkan medan magnet, dan inti besi yang solid dalam.

Bumi berinteraksi dengan obyek lain dalam ruang, terutama Matahari dan Bulan. Saat ini, Bumi mengorbit Matahari sekali setiap 366,26 kali ia berputar sekitar porosnya sendiri, yang sama dengan 365,26 hari matahari, atau satu tahun sidereal. Poros bumi rotasi memiliki kemiringan 23,4 ° jauh dari tegak lurus bidang orbit, menghasilkan variasi musiman pada permukaan planet dengan periode satu tahun tropis (365,24 hari matahari) Bumi hanya memiliki satelit alami yang dikenal dengan sebutan Bulan, yang mulai mengorbit 4530000000 tahun yang lalu, menyediakan air pasang laut, menstabilkan kemiringan aksial, dan secara bertahap memperlambat rotasi planet. sekitar 3,8 miliar dan 4,1 miliar tahun lalu, dampak Pengeboman asteroid telah sedikit banyak menyebabkan perubahan signifikan pada permukaan yang lebih besar.


Dengan diameter sekitar seperempat dari bumi Bulan berukuran relatif besar dan hal tersebut telah menjadikan bulan sebagai satelit terbesar di tata surya. Daya tarik gravitasi antara Bumi dan Bulan menyebabkan pasang surut air laut di Bumi. Efek yang sama di Bulan telah menyebabkan penguncian pasang surut dengan periode rotasi yang sama dengan waktu yang diperlukan untuk mengorbit Bumi. Akibatnya, selalu menyajikan wajah / siklus yang sama untuk planet ini. Seperti Bulan mengorbit Bumi, berbagai bagian wajahnya diterangi oleh Matahari, yang mengarah ke fase lunar, bagian gelap wajah dipisahkan dari bagian cahaya dengan terminator surya.

Wallahu A'lam


Share this article :

No comments:

Post a Comment

PD

Popular Post

Followers

 
Support : Copyright © 2011. Duniaku Bukan Duniamu - All Rights Reserved
Template Modify and Proudly powered by Free Blog