Home » , , , , » Silaturahmi Online

Silaturahmi Online

Apakah itu blogwalking? Blogwalking adalah suatu aktivitas dimana kita mengunjungi blog-blog lainnya dalam rangka silaturahmi. Nah untuk menarik pengunjung biasanya para blogger melakukan aktivitas ini, Blogwalking merupakan suatu kebiasaan dimana seorang blogger (pemilik blog) melakukan kunjungan ke blog lain dan  mereka akan berusaha meninggalkan jejak berupa komentar, dengan harapan si empunya blog akan balik berkunjung ke blog mereka dan atau mengharap pengunjung lain bersilaturahmi ke blog mereka.

Pada saat melakukan blogwalking para blogger tidak hanya mengunjungi blog-blog lainnya lalu langsung pergi begitu saja, namun biasanya mereka akan meninggalkan jejak untuk memberitahu pemilik blog tersebut bahwa mereka udah mampir. Biasanya mereka akan memberikan komentar pada postingan ataupun hanya sekedar mengisi shoutbox yang ada. Dalam dunia nyata ini diibaratkan sebagai bertamu ke rumah orang lain. 

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita sering-sering melakukan blogwalking. Seperti layaknya bertamu akan mendatangkan banyak rezeki dan akan memanjangkan umur, Hal yang biasanya dilakukan blogger dalam blogwalking diantaranya yaitu memilih blog dengan artikel sesuai minat dan keinginan blogger, dan pada akhir artikel blogger akan memberikan komentar positif pada artikel yang telah dibaca sebelumnya. Dengan menyertakan link url blognya masing-masing. Dengan demikian, blogger yang mengunjungi berharap si pemilik blog yang dikunjungi akan berkunjung balik melalui link yang di tinggalkan tersebut.

Selain untuk mempererat tali persahabatan dan silaturahmi antar blogger, blogwalking juga dimanfaatkan sebagai sarana promosi. Semakin banyak orang yang membaca artikel yang baru saja dibaca, maka peluang si pembaca yang lain akan mengunjungi blog kita semakin besar. Bagi kebanyakan orang, blogwalking dimanfaatkan sebagai alat untuk memburu backlink. Bahkan saat kita mau membuat postingan, biasanya akan menemukan ide-ide baru setelah melakukan blogwalking.


Juga perlu untuk kita ketahui dan kita buka paradigma bahwa dunia blogging itu juga hampir sama dengan dunia nyata. Kalau di dunia nyata, tentu kita punya keluarga, sanak family, teman, sahabat, tetangga dan lain sebagainya. Oleh karenanya, kita dituntut untuk mampu mengaktualisasi diri dan melakukan interaksi sosial agar dapat dikenal. Dunia blogging juga seperti itu, untuk bisa di kenal kamu perlu memiliki keluarga seperti bergabung dengan komunitas blogger dan bisa juga bergabung di forum diskusi online. Salah satu interaksi sosial yang terbukti jitu adalah dengan blogwalking, Jangan segan dan malu ketika kamu berkunjung ke blog yang belum kamu kenal pemiliknya, jika kamu merasa artikelnya menarik, dan atau ingin promosi dan menanam backlink langsung saja tinggalkan komentar.
Banyak blogger yang baik hati menyediakan kolom khusus untuk di isi dengan alamat URL termasuk saya , jadi... silahkan saja promosi dan atau comment dengan menyertakan alamat blog / website yang sodara punya.

Perlu kamu ingat juga, jangan asal komentar yang tidak nyambung, akan lebih baik jika langsung comment agar juga berkunjung ke blog / website yang sodara punya (khusus bagi saya).
Sekedar tambahan pengetahuan bahwa jika kita sering berkomentar dan akrab dengan pemilik blog, tidak mustahil jika komentar kita akan terus tertanam bahkan ada blogger yang pindahan pun tetap menyertakan komentar pengunjungnya. So, ini lah yang saya katakan sebagai backlink abadi tadi.
Blogwalking selain memberi tambahan pengetahuan juga memiliki beberapa keuntungan yang tidak kita sadari, diantaranya
  • Kita bisa mengenal lebih dekat dengan pemilik blog, apalagi jika sudah sering blogwalking
  • Kebanyakan blogger akan berkunjung balik ke blog komentator jika menyertakan link dan tak jarang juga ikut meninggalkan jejak
  • Terkadang kita mendapatkan backlink dari komentar yang kita tinggalkan
So mari kita mulai dan hilangkan rasa sungkan, silahkan sering - sering mampir dan komentar atau promosi, ora usah sungkan


Share this article :

No comments:

Post a Comment

PD

Popular Post

Followers

 
Support : Copyright © 2011. Duniaku Bukan Duniamu - All Rights Reserved
Template Modify and Proudly powered by Free Blog