Belajar Berhitung

Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal. Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respon tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati adalah stimulus dan respon, oleh karena itu apa yang diberikan oleh guru stimulus dan apa yang diterima oleh pelajar respon harus dapat diamati dan diukur.

Namun proses belajar dan mengajar memang tidak selalu bisa diserap oleh setiap murid dan dilaksanakan dengan baik, terlebih lagi pada anak - anak, seperti dalam kisah berikut ini :

Bu Guru dan muridnya :

Bu Guru : Anak anak sekarang kita belajar berhitung ya....... ?
Anak - anak : Iya Bu Guru

Dimulai dari bangku yang paling depan sampek ke bangku yang paling belakang, ayo ditirukan ibu guru ya ..?

Anak - Anak : Iya Bu Guru ...

Bu guru mulai adi diikuti bu guru ya ...? ayo berhitung ... Satu , dua - tiga ---- s/d sepuluh
adi : satu , dua , tiga , --- sepuluh,

tina , tini , atun , arman , april , mei , semua berhitung satu sampek sepuluh. tibalah giliran satu orang murid emang dasar bandel , gak mau denger, waktu dijelasin sama bu guru juga gak perhatikan, tapi dia anak yang patuh dan apa adanya. Poniman namanya , bu gurupun mulai mengajak poniman untuk membaca.

Bu Guru : Poniman Ayo ditirukan seperti yang lain.

Bu Guru : Ayo Mulai Berhitung ..... Satu

Poniman murid yang patuh tanpa babibu poniman pun mengikuti apa kata bu guru :

Poniman : Ayo Mulai Berhitung .... Satu

Bu Guru : .....!?!!????


Share this article :

No comments:

Post a Comment

PD

Popular Post

Followers

 
Support : Copyright © 2011. Duniaku Bukan Duniamu - All Rights Reserved
Template Modify and Proudly powered by Free Blog